Macam-macam warna Darah dan Sifat-sifat Darah

on Rabu, 05 November 2014
Masih sehubungan dengan postingan sebelumnya tentang Perbedaan Darah Haid, Nifas, dan Istihadhoh, maka dalam postingan ini saya akan melanjutkan tentang Perbedaan Darah Kuat dan Lemah, Warna-warna Darah, dan sifat-sifat darah.

Untuk mengetahui hukum-hukum istihadhoh harus lebih dahulu mengetahui perbedaan antara darah kuat dan darah lemah. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan darah kuat dan darah lemah harus terlebih dahulu mengetahui macam-macam warna darah dan sifat-sifat darah. Warna darah itu ada 5 macam yaitu: Hitam, Merah, Merah kekuning-kuningan, Kuning, dan Keruh.

Darah hitam lebih kuat daripada darah merah, darah merah lebih kuat daripada darah merah kekuning-kuningan, begitu juga seterusnya. Untuk sifat-sifat darah, ada yang kental, cair, berbau busuk, dan ada yang tidak berbau. Darah yang kental itu lebih kuat daripada darah cair, dan darah yang berbau busuk itu lebih kuat daripada darah yang tidak berbau busuk.

Jika sebagian darah memiliki sifat yang mendorong ke arah kuat, dan sebagian lagi juga memiliki sifat yang mendorong ke arah kuat, maka yang di hukumi darah kuat adalah darah yang lebih banyak sifat-sifatnya yang mendorong ke arah kuat.

Contoh: Darah hitam, kental, dan berbau busuk itu lebih kuat daripada darah hitam kental, tidak berbau. Dan lebih kuat daripada darah hitam cair, berbau busuk.

Jika banyaknya sifat yang mendorong ke arah kuat yang dimiliki sebagian darah itu sama dengan yang dimiliki sebagian darah yang lain, maka yang dihukumi darah kuat adalah darah yang keluar terlebih dahulu. Contoh: Darh merah, kental, berbau busuk dengan darah hitam, kental, tidak berbau atau dengan darah hitam, cair, berbau busuk, maka yang dihukumi darah kuat adalah darah yang keluar terlebih dahulu. Karena banyaknya sifat yang mendorong ke arah kuat yang dimiliki masing-masing darah tersebut sama duanya. Wallohu A'lam.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Nantikan postingan selanjutnya tentang Macam-Macam Orang yang Istihadhoh. Apabila ada kurang atau lebih tentang postingan ini saya mohon saran atau kritikannya atau yang mau menambahkan/Sherring (tanya jawab) silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Referensi: Kitab HAID dan Masalah-masalah Wanita Muslim oleh Muhammad bin Abdul Qodir. Macam-macam warna Darah dan Sifat-sifat Darah

0 komentar:

Posting Komentar