Berkah Berbakti Kepada Kedua Orang Tua (Birrul Walidain)

on Kamis, 13 November 2014
Sahabat Muslim yang di rahmati Allah, berbakti kepada kedua orang tua itu hukumnya WAJIB baik orang tua kita dalam keadaan muslim maupun kafir. Mengingat postingan sebelumnya tentang Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua, bahwa kita sebagai anak mempunyai hak yang perlu dilakukan untuk kedua orang tua kita. Ada 10 Hak anak kepada kedua orang tua. Apa sih hak anak kepada kedua orang tuanya?? coba baca pada postingan sebelumnya :-)

Wahai sahabat muslim, di riwayatkan dari sahabat Anas Bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa yang ingin diberikan panjang umur dan rizki yang lancar, maka berbaktilah kepada kedua orang tua dan sambunglah tali silaturrahim."

Sahabat Tsauban r.a juga meriwayatkan haditsnya Rosululloh SAW: "Bahwa sesungguhnya orang yang melakukan dosa tidak akan memperoleh rizki, dan tidak bisa menolak takdirnya Allah kecuali dengan doa. Serta juga tidak dapat menambah umur yang barokah kecuali dengan berbakti kepada kedua orang tua. Jadi, berbakti kepada kedua orang tua itu bisa memperlancar urusan rizki, menambah ibadah, hidup yang berkah dan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Begitu juga dengan mempererat tali silaturrahim."

Menurut Imam Baidlowi, "Bahwa sesungguhnya amal yang bisa menyebabkan masuk surga dan memperoleh derajat yang tinggi adalah berbakti kepada kedua orang tua dan taat terhadap apa yang telah diperintahkan selain maksiat serta tidak menyakiti hati orang tua."

Jadi orang yang berbakti kepada kedua orang tua itu termasuk golongan ahli surga dan orang yang durhaka kepada kedua orang tua termasuk golongan ahli neraka. Semoga sahabat muslimin termasuk golongan ahli surga, dan golongan orang-orang yang berbakti kepada kedua orang tua. Dan semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang suka memaafkan.

Referensi: Kitab Risalah Akhlak Birrul Walidain oleh Kyai.H. Ahmad Mujab Berkah Berbakti Kepada Kedua Orang Tua (Birrul Walidain)

0 komentar:

Posting Komentar